Video Safety Briefing: Pentingnya dan Siapa Saja Pesertanya

Video safety briefing adalah sebuah jasa pembuatan video presentasi yang menggunakan materi dari safety induction. Layanan ini mencakup seluruh proses produksi video, mulai dari praproduksi, produksi, hingga pasca produksi (editing). Video safety briefing sangat penting untuk jasa shooting video safety karena bertujuan membantu perusahaan menjaga komitmen terhadap kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja (K3).

Manfaat dan Pentingnya Video Safety Briefing

Video safety briefing memberikan berbagai manfaat penting bagi perusahaan. Pertama, video ini menjadi alat yang efektif dalam menyampaikan informasi keselamatan kerja secara konsisten kepada semua pekerja, tanpa tergantung pada kemampuan individu untuk menyampaikan informasi tersebut.

Kedua, video ini dapat diulang-ulang, memastikan bahwa setiap karyawan, tamu, atau kontraktor mendapatkan informasi yang sama tanpa ada yang terlewat. Ketiga, video safety briefing dapat membantu perusahaan memenuhi regulasi dan standar keselamatan yang berlaku, menunjukkan komitmen perusahaan terhadap K3.

Target Peserta Video Safety Briefing

Berdasarkan regulasi dan standar yang berlaku, video safety briefing biasanya diberikan kepada beberapa kelompok target peserta. Berikut adalah empat kelompok utama yang menjadi target peserta video safety briefing:

1. Karyawan Baru

Karyawan baru adalah target utama dari video safety briefing. Saat pertama kali bergabung dengan perusahaan, mereka memerlukan orientasi yang menyeluruh tentang prosedur keselamatan di tempat kerja. Video ini membantu mereka memahami risiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja baru mereka dan cara mengatasinya. Dengan demikian, mereka dapat memulai pekerjaan dengan pengetahuan yang memadai tentang K3.

2. Karyawan Lama

Selain karyawan baru, karyawan lama juga perlu mengikuti video safety briefing sebagai bentuk training penyegaran. Hal ini penting karena peraturan keselamatan dan prosedur kerja bisa saja mengalami perubahan seiring waktu. Dengan mengikuti briefing secara berkala, karyawan lama tetap mendapatkan informasi terbaru dan bisa menyesuaikan diri dengan prosedur baru.

3. Tamu yang Berkunjung

Tamu yang berkunjung ke lingkungan perusahaan juga perlu mendapatkan briefing keselamatan. Ini penting untuk memastikan bahwa mereka menyadari risiko yang ada dan tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat. Video safety briefing untuk tamu biasanya mencakup informasi dasar tentang prosedur evakuasi, area aman, dan kontak darurat.

4. Kontraktor

Kontraktor yang akan bekerja di area produksi perusahaan harus mendapatkan video safety briefing sebelum memulai pekerjaan. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka memahami risiko spesifik yang ada di area tersebut dan tahu bagaimana cara bekerja dengan aman. Briefing ini juga membantu memastikan bahwa kontraktor mematuhi standar keselamatan yang berlaku di perusahaan.

Keunggulan Jasa Video Safety Briefing

Perusahaan yang menawarkan jasa video safety briefing, seperti Tirta Media Production, memiliki keunggulan dalam membantu perusahaan menghasilkan video yang berkualitas tinggi. Tirta Media Production menyediakan berbagai layanan pembuatan video, termasuk video profil, video safety induction, video animasi 2D dan 3D, video dokumentasi, video iklan, dan digital marketing.

Dengan menggunakan jasa profesional, perusahaan dapat memastikan bahwa video safety briefing yang dibuat memiliki kualitas visual dan audio yang baik, serta menyampaikan informasi secara jelas dan efektif. Proses produksi yang melibatkan praproduksi, produksi, dan pasca produksi (editing) juga dikelola secara profesional untuk menghasilkan video yang sesuai dengan kebutuhan dan standar perusahaan.

Layanan Pelanggan

Setiap perusahaan harus siap membantu pelanggannya jika ada kesulitan. Hal yang sama juga berlaku untuk jasa video safety briefing. Penyedia layanan ini harus siap melayani dan membantu pelanggan atau kliennya dalam setiap tahap produksi video. Tirta Media Production, misalnya, selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada kliennya. Mereka dapat dihubungi melalui berbagai saluran komunikasi seperti WhatsApp, telepon, dan email untuk memberikan konsultasi dan solusi terbaik bagi kebutuhan video safety briefing perusahaan.

Video safety briefing adalah alat yang penting untuk membantu perusahaan dalam menjaga kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja. Dengan target peserta yang mencakup karyawan baru, karyawan lama, tamu, dan kontraktor, video ini memastikan bahwa semua pihak mendapatkan informasi keselamatan yang konsisten dan akurat.

Menggunakan jasa profesional seperti Tirta Media Production dapat membantu perusahaan menghasilkan video berkualitas tinggi yang efektif dalam menyampaikan pesan keselamatan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Tirta Media Production melalui nomor telepon 0822-8623-0300, email [email protected], atau mengunjungi website mereka di www.tirtamedia.co.id. Jangan ragu untuk melihat portofolio mereka di YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published.